Thursday, December 22, 2016

Edit foto simple dengan Photoshop

       Pada post pertama ini, saya akan menunjukkan bagaimana mengedit foto yang simple dengan menggunakan photoshop untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Multimedia Pendidikan Matematika. Sebagai contoh, saya akan mengambil foto-foto dari tugas saya di kampus. Objek yang saya ambil yaitu manusia dan gedung namun dalam setting pendidikan lalu kita edit dengan photoshop. Bagaimana caranya? yuk kita mulai...

1.     Siapkan foto yang akan di edit.
Of course, Kita harus memiliki foto yang hendak diedit namun lebih baik mengambil gambar/foto yang resolusinya bagus supaya hasilnya maksimal ketika melakukan pengeditan.
  
                                      
Mahasiswa Pendidikan Matematika yang sedang berdiskusi

Saya mengambil foto tersebut pada sore hari di Lobby gedung FPMIPA B. Fokus yang akan saya edit disini adalah orang dan background. Jadi saya akan mengganti background pada foto tersebut dengan background yang lain.

         2.     Buka Aplikasi Photoshop
         Setelah aplikasi terbuka, pada menu klik open lalu pilih foto yang kita inginkan.

                                      

 Double klik background pada layer lalu Ok. 
                             
                              

Pada Bar pilih Quick Selection Tool lalu pilih objek yang akan kalian pilih. Karena kita akan memilih orang dan membuang backgroundnya, right click dan pilih select invers lalu delete. 

hasil setelah di delete

Background yang dipilih

lalu Open pilih background yang akan kita pilih, drag foto yang telah di potong dan pindahkan ke background yang kita pilih.Setelah semua dalam satu foto tekan CTRL+T dan atur ukuran foto yang tadi di drag sesuai keinginan kalian. 

    Setelah di edit

Setelah itu, atur kontras dan cahaya sesuai keinginan kalian dan gunakan brush pada bar agar foto yang telah disatukan menjadi lebih natural dan jangan lupa Save yaaa.

Sekian edit foto dengan photoshop, namun saya memiliki 1 foto lagi sebagai contoh yaitu objeknya adalah gedung.
 
 Gedung Jica FPMIPA UPI Bandung


Saya mengambil foto tersebut pada pagi hari, dimana matahari belum terbit terlalu tinggi dan selepas hujan turun jadi awannya agak mendung. 
Oleh karena itu, saya akan mengedit kontras cahaya, bentuk awan dan penambahan tinggi pada gedung agar terlihat lebih menarik.


Awan yang dipilih untuk mengganti background pada langit

Karena awan pada foto aslinya sangat mendung bahkan tidak tampak terlihat maka saya memiliki awan dengan langit yang lebih cerah. 
Dengan cara yang sama dengan photoshop maka hasilnya seperti berikut:


Foto Gedung setelah di edit

Terlihat dari foto yang telah diedit dengan yang sebelumnya, tampak jelas kontras cahaya sangat berubah yang tadinya mendung menjadi cerah. Juga awannya tampak lebih jelas. Selain itu tinggi gedung tampak lebih tinggi dari sebelumnya. Cara untuk menambah tinggi gedung dengan  menambahkan bagian-bagian kecil dari bagian gedung yang sama caranya seperti foto sebelumnya.

Sekian post dari saya dengan judul "Edit Simple dengan Photoshop" walaupun masih sangat sederhana semoga bermanfaat ☺☺☺


No comments:

Post a Comment