Thursday, December 22, 2016

SEMPOA BALI (Sempoa Pertambahan dan Perkalian)

Media pendidikan adalah media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang biasanya sudah dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu kegiatan belajar mengajar.

Selanjutnya Schramm (dalam Putri, 2011: 20) media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Dalam kegiatan belajar dan mengajar kita tidak terlepas dari yang namanya media. Karena media sangat berguna dalam menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Misalnya di sekolah kita menggunakan media seperti papan tulis, komputer, buku paket dan lain-lain. 

Namun tidak semua sekolah dapat menggunakan media yang sama, setiap sekolah memiliki kebutuhan yang berbeda. Bahkan membutuhkan media yang khusus agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. 


Pada sekolah luar biasa, media yang digunakan sangat beragam sesuai dengan kebutuhan siswanya. Disini saya dan teman sekelompok saya membuat media pembelajaran matematika untuk salah satu Sekolah SLB di Bandung pada tugas mata kuliah Media dan Pembelajaran Matematika. Media yang kita buat bernama "SEMPOA BALI".

Tampak bagian luar


Tampak bagian dalam


Alasan kita memilih SEMPOA BALI seperti pada judulnya yang berarti Sempoa Pertambahan dan Perkalian digunakan untuk memudahkan siswa dalam melakukan operasi pertambahan dan perkalian. Karena matematika begitu abstrak jika dipelajari tanpa media terlebih kita membuat media ini ditujukan kepada siswa tunagrahita ringan-sedang dengan tujuan sebagai berikut:
·        Membantu dan mempercepat siswa dalam proses hitung menghitung
·        Mempermudah pengerjaan operasi perkalian dan operasi pertambahan
·        Membuat siswa paham sifat komutatif perkalian
   
   Lalu apa bedanya dengan sempoa biasa? 
     Perbedaannya selain ukurannya yang rasaksa, yaitu Sempoa Bali memiliki kelebihan:
·        Papan untuk memudahkan mengingat jawaban mereka dengan cara menulis hasil jawabannya.
·        Desain lebih menarik agar siswa semangat dalam mempelajari operasi perkalian dan penjumlahan
·   Memudahkan siswa dalam mempelajari sifat komutatif (sifat komutatif dipelajari agar siswa mampu memilih perhitungan yang cepat dan praktis).

Jika kalian ingin membuat atau mengetahui lebih lanjut mengenai media tersebut, saya akan menyisipkan hasil laporan Media Pembelajaran Matematika.

https://drive.google.com/open?id=0B2ADmIzNTsT5VEt1WlJfN0VKNFE


No comments:

Post a Comment