Friday, December 23, 2016

Math in daily life Video

Banyak orang yang beranggapan bahwa matematika itu sulit dan abstrak. Bahkan banyak yang berfikir matematika itu sedikit penerapannya dalam kehidupan sehari-hari karena matematika yang sering digunakan seperti proses transaksi, menghitung benda nyata yang hanya melibatkan operasi pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Banyak juga siswa yang mengeluh ketika belajar matematika karena mereka tidak tau fungsi dari materi pembelajaran tersebut. Sehingga, banyak siswa yang tidak menyukai matematika karena tidak dekat dengan kehidupan sehari-hari. Padahal matematika itu penting dan dekat dengan kita.

Kami disini membuat video math in daily life yang menceritakan tentang penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar siswa menyadari pentingnya matematika dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga matematika tidak terlihat abstrak. Selain itu, tujuan kami untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Multimedia Pembelajaran Matematika.

Isi dari video ini yaitu terdapat 4 scene berbeda, dimana artisnya adalah kelompok kita sendiri.

  1. Scene pertama: menceritakan tentang materi barisan dan deret. Objek yang digunakan adalah lantai kampus kami karena memiliki pola yang unik membentuk deret aritmatika. Lalu kami mencari rumus petak lantai tersebut dan bisa menebak petak lantai ke-n. Kami melakukan perhitungan tersebut baik secara induktif maupun deduktif.
  2. Scene kedua: menceritakan tentang grafik trigonometri. Objek yang digunakan adalah lamanya panjang siang dan malam di beberapa negara. Tanpa kita sadari bahwa panjang siang dan malam setiap negara memiliki grafik yang konsisten. Sehingga dengan melihat lamanya panjang siang dan malam kita dapat menentukan rumus dari grafik tersebut yang kemudian dapat digunakan untuk mencari panjang siang atau malam pada tanggal tertentu.
  3. Scene ketiga: menceritakan tentang Transformasi. Objek yang digunakan adalah pola kain pada batik. Ternyata dalam pembuatan motif batik menggunakan prinsip matematika yang terdapat dalam bab transformasi. Sehingga batik memiliki pola yang indah dan unik.
  4. Scene keempat: menceritakan tentang aplikasi trigonometri: Objek yang kami gunakan adalah tiang bendera. Jadi kami akan mengukur tinggi tiang bendera tanpa mengukur secara langsung namun dengan cara yang sederhana dan tentunya menggunakan prinsip trigonometri.
Nah, itulah penjelasan singkat mengenai isi video kita. Jika kalian penasaran yuk tonton Videonya! ☺☺


Thursday, December 22, 2016

SEMPOA BALI (Sempoa Pertambahan dan Perkalian)

Media pendidikan adalah media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang biasanya sudah dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu kegiatan belajar mengajar.

Selanjutnya Schramm (dalam Putri, 2011: 20) media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Dalam kegiatan belajar dan mengajar kita tidak terlepas dari yang namanya media. Karena media sangat berguna dalam menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Misalnya di sekolah kita menggunakan media seperti papan tulis, komputer, buku paket dan lain-lain. 

Namun tidak semua sekolah dapat menggunakan media yang sama, setiap sekolah memiliki kebutuhan yang berbeda. Bahkan membutuhkan media yang khusus agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. 


Pada sekolah luar biasa, media yang digunakan sangat beragam sesuai dengan kebutuhan siswanya. Disini saya dan teman sekelompok saya membuat media pembelajaran matematika untuk salah satu Sekolah SLB di Bandung pada tugas mata kuliah Media dan Pembelajaran Matematika. Media yang kita buat bernama "SEMPOA BALI".

Tampak bagian luar


Tampak bagian dalam


Alasan kita memilih SEMPOA BALI seperti pada judulnya yang berarti Sempoa Pertambahan dan Perkalian digunakan untuk memudahkan siswa dalam melakukan operasi pertambahan dan perkalian. Karena matematika begitu abstrak jika dipelajari tanpa media terlebih kita membuat media ini ditujukan kepada siswa tunagrahita ringan-sedang dengan tujuan sebagai berikut:
·        Membantu dan mempercepat siswa dalam proses hitung menghitung
·        Mempermudah pengerjaan operasi perkalian dan operasi pertambahan
·        Membuat siswa paham sifat komutatif perkalian
   
   Lalu apa bedanya dengan sempoa biasa? 
     Perbedaannya selain ukurannya yang rasaksa, yaitu Sempoa Bali memiliki kelebihan:
·        Papan untuk memudahkan mengingat jawaban mereka dengan cara menulis hasil jawabannya.
·        Desain lebih menarik agar siswa semangat dalam mempelajari operasi perkalian dan penjumlahan
·   Memudahkan siswa dalam mempelajari sifat komutatif (sifat komutatif dipelajari agar siswa mampu memilih perhitungan yang cepat dan praktis).

Jika kalian ingin membuat atau mengetahui lebih lanjut mengenai media tersebut, saya akan menyisipkan hasil laporan Media Pembelajaran Matematika.

https://drive.google.com/open?id=0B2ADmIzNTsT5VEt1WlJfN0VKNFE


Pengenalan Trigonometri PPT (Power Point)

Kali ini, saya akan memberikan materi berupa power point mengenai Trigonometri. Selain untuk memenuhi salah satu tugas kuliah yaitu mata kuliah Multimedia Pendidikan Matematika, juga untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi trigonometri dan siswa dalam memahami trigonometri.

Alasan saya memilih bab trigonometri karena masih banyak siswa yang beranggapan bahwa trigonometri merupakan mata pelajaran yang paling sulit. Padahal trigonometri sangat menarik karena berkaitan dan dekat dengan kehidupan kita. Disini saya akan memberi contoh Power Point mengenai Trigonometri.

Karena di google slide animasi bawaan dari Power pointnya menjadi hilang, bisa meminta filenya langsung ke email saya: sofiamutiara10@gmail.com. Semoga bermanfaat ☺

 

Edit foto simple dengan Photoshop

       Pada post pertama ini, saya akan menunjukkan bagaimana mengedit foto yang simple dengan menggunakan photoshop untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Multimedia Pendidikan Matematika. Sebagai contoh, saya akan mengambil foto-foto dari tugas saya di kampus. Objek yang saya ambil yaitu manusia dan gedung namun dalam setting pendidikan lalu kita edit dengan photoshop. Bagaimana caranya? yuk kita mulai...

1.     Siapkan foto yang akan di edit.
Of course, Kita harus memiliki foto yang hendak diedit namun lebih baik mengambil gambar/foto yang resolusinya bagus supaya hasilnya maksimal ketika melakukan pengeditan.
  
                                      
Mahasiswa Pendidikan Matematika yang sedang berdiskusi

Saya mengambil foto tersebut pada sore hari di Lobby gedung FPMIPA B. Fokus yang akan saya edit disini adalah orang dan background. Jadi saya akan mengganti background pada foto tersebut dengan background yang lain.

         2.     Buka Aplikasi Photoshop
         Setelah aplikasi terbuka, pada menu klik open lalu pilih foto yang kita inginkan.

                                      

 Double klik background pada layer lalu Ok. 
                             
                              

Pada Bar pilih Quick Selection Tool lalu pilih objek yang akan kalian pilih. Karena kita akan memilih orang dan membuang backgroundnya, right click dan pilih select invers lalu delete. 

hasil setelah di delete

Background yang dipilih

lalu Open pilih background yang akan kita pilih, drag foto yang telah di potong dan pindahkan ke background yang kita pilih.Setelah semua dalam satu foto tekan CTRL+T dan atur ukuran foto yang tadi di drag sesuai keinginan kalian. 

    Setelah di edit

Setelah itu, atur kontras dan cahaya sesuai keinginan kalian dan gunakan brush pada bar agar foto yang telah disatukan menjadi lebih natural dan jangan lupa Save yaaa.

Sekian edit foto dengan photoshop, namun saya memiliki 1 foto lagi sebagai contoh yaitu objeknya adalah gedung.
 
 Gedung Jica FPMIPA UPI Bandung


Saya mengambil foto tersebut pada pagi hari, dimana matahari belum terbit terlalu tinggi dan selepas hujan turun jadi awannya agak mendung. 
Oleh karena itu, saya akan mengedit kontras cahaya, bentuk awan dan penambahan tinggi pada gedung agar terlihat lebih menarik.


Awan yang dipilih untuk mengganti background pada langit

Karena awan pada foto aslinya sangat mendung bahkan tidak tampak terlihat maka saya memiliki awan dengan langit yang lebih cerah. 
Dengan cara yang sama dengan photoshop maka hasilnya seperti berikut:


Foto Gedung setelah di edit

Terlihat dari foto yang telah diedit dengan yang sebelumnya, tampak jelas kontras cahaya sangat berubah yang tadinya mendung menjadi cerah. Juga awannya tampak lebih jelas. Selain itu tinggi gedung tampak lebih tinggi dari sebelumnya. Cara untuk menambah tinggi gedung dengan  menambahkan bagian-bagian kecil dari bagian gedung yang sama caranya seperti foto sebelumnya.

Sekian post dari saya dengan judul "Edit Simple dengan Photoshop" walaupun masih sangat sederhana semoga bermanfaat ☺☺☺