Friday, December 23, 2016

Math in daily life Video

Banyak orang yang beranggapan bahwa matematika itu sulit dan abstrak. Bahkan banyak yang berfikir matematika itu sedikit penerapannya dalam kehidupan sehari-hari karena matematika yang sering digunakan seperti proses transaksi, menghitung benda nyata yang hanya melibatkan operasi pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Banyak juga siswa yang mengeluh ketika belajar matematika karena mereka tidak tau fungsi dari materi pembelajaran tersebut. Sehingga, banyak siswa yang tidak menyukai matematika karena tidak dekat dengan kehidupan sehari-hari. Padahal matematika itu penting dan dekat dengan kita.

Kami disini membuat video math in daily life yang menceritakan tentang penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar siswa menyadari pentingnya matematika dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga matematika tidak terlihat abstrak. Selain itu, tujuan kami untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Multimedia Pembelajaran Matematika.

Isi dari video ini yaitu terdapat 4 scene berbeda, dimana artisnya adalah kelompok kita sendiri.

  1. Scene pertama: menceritakan tentang materi barisan dan deret. Objek yang digunakan adalah lantai kampus kami karena memiliki pola yang unik membentuk deret aritmatika. Lalu kami mencari rumus petak lantai tersebut dan bisa menebak petak lantai ke-n. Kami melakukan perhitungan tersebut baik secara induktif maupun deduktif.
  2. Scene kedua: menceritakan tentang grafik trigonometri. Objek yang digunakan adalah lamanya panjang siang dan malam di beberapa negara. Tanpa kita sadari bahwa panjang siang dan malam setiap negara memiliki grafik yang konsisten. Sehingga dengan melihat lamanya panjang siang dan malam kita dapat menentukan rumus dari grafik tersebut yang kemudian dapat digunakan untuk mencari panjang siang atau malam pada tanggal tertentu.
  3. Scene ketiga: menceritakan tentang Transformasi. Objek yang digunakan adalah pola kain pada batik. Ternyata dalam pembuatan motif batik menggunakan prinsip matematika yang terdapat dalam bab transformasi. Sehingga batik memiliki pola yang indah dan unik.
  4. Scene keempat: menceritakan tentang aplikasi trigonometri: Objek yang kami gunakan adalah tiang bendera. Jadi kami akan mengukur tinggi tiang bendera tanpa mengukur secara langsung namun dengan cara yang sederhana dan tentunya menggunakan prinsip trigonometri.
Nah, itulah penjelasan singkat mengenai isi video kita. Jika kalian penasaran yuk tonton Videonya! ☺☺


No comments:

Post a Comment